Press "Enter" to skip to content

Cara Mengatasi Kartu Memori Kamera Tidak Terbaca Di Laptop

Oleh karena itulah, sebagian besar orang mulai menggunakan memory card untuk menjadi salah satu media penyimpanan data utama di samping flashdisk. Dengan demikian, cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali harus diketahui sebagai bentuk antisipasi agar apabila memory card yang dimiliki tiba-tiba tidak terbaca sama sekali, kita bisa mengatasinya.

Memory card juga berbeda dengan SSD lo ya, sebagaimana perbedaan RAM dan Hardisk. Lalu, bagaimana saja cara untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali?

Buat kamu yang sudah penasaran dan segera ingin tahu, berikut ini adalah beberapa cara di antaranya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan melihat apakah memory card yang kamu miliki bisa terbaca di komputer lain selain dari komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk mengakses memory card tersebut.

Cobalah untuk mencabut dan memasukkan kembali memory card yang kamu miliki ke port memory card di komputermu dan beberapa komputer yang lain untuk memastikan dengan betul bahwa komputermu tidak bermasalah. Apabila dalam hal ini memory card tersebut tidak bisa terbaca di telepon genggam yang kamu miliki, dan kamu telah memastikan bahwa file partisi yang dimiliki oleh memory cardmu tersebut bisa terbaca oleh sistem operasi yang digunakan dalam handphonemu, maka kamu bisa memulai berpikir untuk mengganti card reader di telepon genggammu.

Tentunya mengganti card reader membutuhkan uang dan waktu yang tidak sedikit, olah karena itu ada baiknya apabila kamu mempertimbangkan hal ini dengan baik. Semoga dengan beberapa cara di atas kamu bisa mengatasi masalah memory cardmu yang tidak terbaca sama sekali ya.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Muncul di File Explorer

Jika kamera digital Anda tidak memiliki built-in Wi-Fi, biasanya kita harus melepas kartu SD terlebih dahulu untuk menyalin foto yang ada di dalamnya ke komputer. Selain untuk kamera digital, kartu SD biasanya juga digunakan sebagai penyimpanan tambahan di smartphone dan MP3 player. Jika Anda sedang mengalami masalah yang sama, coba salah satu cara di bawah ini untuk memperbaikinya.

Langkah 2: Setelah jendela Disk Management terbuka, pastikan partisi kartu SD Anda muncul di dalam daftar. Sayangnya, secara default perangkat card reader dimatikan oleh Windows 10 sehingga kita harus mengaktifkan terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan kartu SD. Jika pilihan Enable device tidak ada, maka dapat dipastikan perangkat card reader Anda sudah aktif.

Biasanya, tanpa kita harus menginstall driver tambahan, Windows 10 akan mengenali card reader Anda secara otomatis. Catatan: PASTIKAN ANDA SUDAH MEMILIKI DRIVER YANG BENAR SEBELUM MELAKUKAN LANGKAH DI BAWAH INI

5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

Oleh karena itulah, sebagian besar orang mulai menggunakan memory card untuk menjadi salah satu media penyimpanan data utama di samping flashdisk. Dengan demikian, cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali harus diketahui sebagai bentuk antisipasi agar apabila memory card yang dimiliki tiba-tiba tidak terbaca sama sekali, kita bisa mengatasinya. Memory card juga berbeda dengan SSD lo ya, sebagaimana perbedaan RAM dan Hardisk. Lalu, bagaimana saja cara untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali?

Buat kamu yang sudah penasaran dan segera ingin tahu, berikut ini adalah beberapa cara di antaranya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan melihat apakah memory card yang kamu miliki bisa terbaca di komputer lain selain dari komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk mengakses memory card tersebut.

Cobalah untuk mencabut dan memasukkan kembali memory card yang kamu miliki ke port memory card di komputermu dan beberapa komputer yang lain untuk memastikan dengan betul bahwa komputermu tidak bermasalah. Apabila dalam hal ini memory card tersebut tidak bisa terbaca di telepon genggam yang kamu miliki, dan kamu telah memastikan bahwa file partisi yang dimiliki oleh memory cardmu tersebut bisa terbaca oleh sistem operasi yang digunakan dalam handphonemu, maka kamu bisa memulai berpikir untuk mengganti card reader di telepon genggammu. Tentunya mengganti card reader membutuhkan uang dan waktu yang tidak sedikit, olah karena itu ada baiknya apabila kamu mempertimbangkan hal ini dengan baik.

Semoga dengan beberapa cara di atas kamu bisa mengatasi masalah memory cardmu yang tidak terbaca sama sekali ya.

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!

Hanya saja, media penyimpanan ini tentu nggak akan terhindar dari namanya masalah kartu SD rusak, mulai tidak terbaca, data corrupt, dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengatasinya kali ini Jaka punya 5 cara memperbaiki kartu SD rusak yang mudah dan ampuh banget buat kamu coba! Mulai dari kapasitas terendah yaitu 4GB, hingga 2TB yang sudah tergolong sangat besar untuk sebuah SD card. Sayangnya, pengguna seringkali dihadapkan dengan masalah kartu SD rusak seperti misalnya kartu SD tidak terbaca yang bikin aktivitas jadi terganggu, apalagi kalau semua data, foto, maupun video tersimpan di dalamnya. Sumber foto: lovemysurface.net (Salah satu cara memperbaiki kartu SD rusak yang paling sering dilakukan adalah dengan membersihkan konektornya). Dengan begini kamu pun bisa memperbaiki kartu SD rusak tanpa perlu memformatnya, geng.

Keluarkan kartu SD dari perangkat gadget yang kamu miliki, seperti smartphone, kamera maupun actioncam. Sumber foto: videohive.com (Solusi lain cara memperbaiki kartu memori rusak yaitu dengan melakukan cek error melalui PC/laptop).

Lakukan Eject setelah proses selesai dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

Metode pertama dan tentu yang paling mudah adalah melakukan format melalui HP Android secara langsung tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa jika kamu melakukan metode ini maka semua data termasuk aplikasi yang dipindahkan ke SD card pun akan ikut terhapus, ya, geng! Note: Langkah format kartu SD di HP Android bisa berbeda-beda untuk setiap tipe.

Sumber foto: echoboxaudio.com (Cara mengatasi kartu SD rusak yang paling ampuh adalah dengan melakukan format lewat laptop/PC). Kartu SD yang rusak tetap masih error walaupun sudah di-format di Android?

Selain melakukannya langsung di HP Android, kamu juga bisa melakukan format kartu SD melalui PC/laptop untuk hasil yang lebih advanced dan sempurna. Nah begitulah kurang lebihnya mengenai cara memperbaiki kartu memori SD yang rusak dan tidak terbaca beserta langkah-langkah selengkapnya.

Cara Memperbaiki SD Card Kamera yang Tidak Terbaca di PC

Jika iya berikut Cara Memperbaiki SD Card Kamera yang Tidak Terbaca di PC. Berbagai cara saya coba dengan memformat dan wipe menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga namun hasil nya nihil, hingga akhirnya saya menggunakan aplikasi HDD LFF Low Level Format tool dan ternyata membuahkan hasil. Masukan SD Card, Backup data menggunakan aplikasi recovery terlebih dahulu agar file tidak hilang.

Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Windows

SD Card banyak digunakan dalam berbagai perangkat elektronik seperti ponsel pintar Android, tablet atau kamera dll. Terkadang, Anda ingin menghubungkan SD Card ke komputer Windows 7/8/10 untuk mentransfer beberapa file. Masalah SD Card yang tidak terbaca cukup sering dialami oleh sejumlah pengguna komputer Windows. Solusi spesifik & efektif untuk mengatasi SD Card tidak terbaca di PC Windows

Jika ya, Anda dapat menetapkan huruf drive ke dalamnya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini: Di jendela sembul, klik “Add” untuk menetapkan huruf drive ke SD Card Anda.

Kemudian, Anda dapat keluar dari Manajemen Disk dan pergi ke File Explorer untuk menggunakan SD Card. Download, pasang, dan jalankan AOMEI Partition Assistant secara gratis dari halaman resminya disini. Temukan SD Card, klik kanan partisi di atasnya dan pilih “Format Partition”.

AOMEI Partition Assistant hadir dengan banyak fungsi lain seperti mengkloning hard drive, memigrasikan OS ke dis lainnya dan sebagainya. Buka dialog Run, masukkan devmgmt.msc dan tekan tombol Enter untuk mengakses Device Manager. Kemudian, buka File Explorer untuk melihat apakah kartu SD sedang ditampilkan.

Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca Tanpa Diformat

Kartu memori memang merupakan salah satu komponen terpenting pada hampir seluruh gawai. Hal ini terkadang memaksa para penggunanya untuk memformat data yang ada di dalamnya. Tapi jangan khawatir, kami memberikan tips untuk memperbaiki SD Card yang rusak dan tidak terbaca tanpa harus memformatnya.

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan jika SD Card tidak terbaca adalah coba untuk pasang di perangkat lain.

Hubungkan kartu SD ke perangkat lain dengan menggunakan card reader agar data di dalamnya tidak terformat. Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa coba memeriksa kartu SD pada PC atau laptop, melalui menu Properties Windows.

Jika cara sebelumnya juga tidak berhasil, kamu mungkin bisa menggunakan software DiskInternals Uneraser. Software ini dirancang khusus untuk memperbaiki SD Card yang error atau tidak terbaca.

Cara Mengatasi Memory Card yang Tidak Terbaca dan Tips Memilih Card Reader yang Bagus

SD card reader bermanfaat saat Anda ingin memindahkan data berupa foto dari kamera digital atau smartphone. Namun, sebelum memilih SD card reader ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.

Cara-cara yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini cukup mudah kok untuk dilakukan oleh Anda sendiri. Terkadang jika bagian lempengan tersebut kotor, maka akan berakibat sukarnya kartu memori Anda terdeteksi oleh handphone. Beri centang pada “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sector”.

Cara membuka Command Prompt untuk Anda yang menggunakan OS Windows 7 ke atas, adalah klik Start Menu > ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) di bar pencarian. Untuk Anda yang menggunakan OS Windows XP, klik Start, lalu pilih Run. Sebelum ke langkah selanjutnya, cek dahulu partisi yang terbaca pada kartu memori Anda menggunakan Windows Explorer. Tunggu beberapa saat hingga Windows mendeteksi permasalahan yang ada pada kartu memori Anda.

Loh, kok malah harus diformat, padahal kan Anda tidak mau memformat kartu memori? Jangan percaya jika ada yang menjual kartu memori merek terkenal dengan harga murah.

Anda harus membaca cara mengetahui class pada SD Card yang pernah kami bahas di website ini. Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan dengan langsung mencabut atau melepaskan kartu memori begitu saja. Caranya adalah masuk ke menu Setting, pilih Storage > MicroSD > Unmount SD Card. Dan jika hal tersebut terus menerus dilakukan, maka tentunya kartu memori Anda menjadi cepat rusak. Sekian artikel kami kali ini mengenai cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SD card reader yang bagus dan tepat.

Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh SD card reader terbaik dari SanDisk, Transcend, Kingston, Brica, dan PULUZ. Mari ikuti artikel ini sampai tuntas agar Anda tidak salah saat memilih SD card reader. Selain ukuran, desain SD card reader bisa dijadikan pertimbangan terutama ada atau tidaknya kabel.

Sebelum membahas lebih lanjut, kami akan memaparkan cara memilih SD card reader sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda harus memperhatikan model yang kompatibel sehingga dapat menghubungkan konektor ke port USB pada perangkat. Anda juga harus memeriksa jenis media yang kompatibel dengan SD card reader.

Anda harus memeriksa dukungan OS seperti Android, Windows, Mac, dan lain sebagainya sebelum memilih SD card reader. Pasang konektor MicroB jika ingin menyambungkan SD card reader langsung ke smartphone atau tablet Pasang konektor microB jika ingin menyambungkan SD card reader langsung ke smartphone atau tablet

Jadi, pilihlah SD card reader setelah Anda memeriksa model yang sesuai secara tepat. Anda dapat memindahkan foto yang diambil menggunakan kamera digital ke smartphone atau tablet tanpa memerlukan PC. Saat ini banyak dijual card reader serbaguna yang kompatibel dengan berbagai media.

Jika Anda senang mengambil foto menggunakan smartphone atau tablet, pilihlah card reader yang kompatibel dengan micro SD. Dengan demikian, Anda bisa memasukkan micro SD tanpa memerlukan adaptor pengonversi ukuran. Hal ini berlaku bagi Anda yang mementingkan harga dan kepraktisan karena pengambilan foto hanya melalui kamera digital saja. Namun, card reader jenis ini masih dapat digunakan walaupun Anda tidak memakai SDHC dan SDXC. Namun, card reader tanpa kabel tidak begitu cocok jika digunakan bersama PC desktop. Hal ini terjadi karena diperlukan card reader yang bisa langsung terpasang ke perangkat seperti memori USB.

Pilih yang multifungsi dengan Wi-Fi agar dapat memindahkan data secara langsung di tempat Pilih yang multifungsi dengan Wi-Fi agar dapat memindahkan data secara langsung di tempat

Anda juga dapat memindahkan foto dan video yang diambil dengan menggunakan kamera digital. Dengan demikian, Anda bisa memindahkan data langsung di tempat menggunakan smartphone atau membagikannya secara wireless.

Meskipun harganya mahal, Anda bisa menyiapkan card reader tipe ini apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan data ke smartphone Android yang dilengkapi port micro USB. Apabila Anda ingin kepraktisan pemindahan data dari SD card ke berbagai perangkat dengan port yang berbeda, pilihlah produk ini. Selain itu, bentuk produk ini memiliki lekukan sehingga menambah kesan minimalis dan elegan.

Produk ini memberikan kemudahan saat Anda ingin memindahkan data dari beberapa SD card.

Anda tidak perlu melakukan restart pada laptop jika ingin mengganti SD card.

Anda bisa memindahkan data dari berbagai tipe memory card seperti MS, T-Flash, M2, CF, dan XD. Selain itu, produk ini juga telah mendukung untuk penggunaan memory card SDXC, SDHC, dan SDSC.

Produk ini akan otomatis membuka aplikasi foto setelah Anda memasukkan SD card dan memasangkannya ke iPad atau iPhone. SD card reader ini bisa membaca empat buah kartu dengan format yang berbeda secara simultan. Pilihlah produk ini apabila Anda ingin kepraktisan saat memindahkan data dari banyak tipe memory card.

Selain itu, pemasangan produk ini cukup mudah dengan metode plug and play tanpa harus memasang driver tambahan. SD card reader ini memiliki desain yang bisa ditempatkan secara vertikal sehingga menghemat ruang di meja kerja Anda. Selain itu, produk ini juga kompatibel dengan format kartu terbaru UDMA 7 Compact Flash Drive.

Bagi Anda pengguna Chromebook, produk ini bisa dipilih karena kompatibel dengan Chrome OS. Selain itu, produk ini bisa dipakai untuk berbagai format SD card dengan standar UHS-I dan UHS-II.

Brica AirStorage adalah Wi-Fi card reader yang kompatibel dengan kartu SD, SDHC, SDXC, dan micro SD/TF. Produk ini bisa digunakan untuk berbagi data secara simultan hingga dua puluh perangkat sekaligus.

Dengan demikian, produk ini bisa dipilih oleh Anda yang memiliki sinyal Wi-Fi lemah. Pilihlah produk ini apabila Anda membutuhkan SD card reader dan tempat penyimpanan kartu dalam satu paket.

Di samping itu, produk ini dibuat antiair sehingga bisa dipilih saat berkegiatan outdoor. Pilihlah produk ini apabila Anda khawatir kehilangan data karena terhapus secara tidak sengaja.

Selain itu, produk ini juga kompatibel untuk pengguna Linux Kernel 2.6.30 serta versi sesudahnya. Produk ini dilengkapi dengan fitur lampu LED sebagai indikator saat terdapat aktivitas pemindahan data yang akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.

Selain itu, produk ini memiliki desain antarmuka USB 3.0 yang bisa membaca data hingga 312 Mb per detik. Oleh sebab itu, produk ini cocok untuk Anda yang sering menggunakan multi port.

Anda akan lebih mudah memindahkan data dan menduplikasi foto atau video dengan memilih SD card reader yang tepat. Jadi, pilihlah SD card reader yang tepat agar Anda tidak kehilangan momen berharga!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.